Pengantar Nilai Tukar Mata Uang Asing

Pengantar Nilai Tukar Mata Uang Asing

Nilai tukar mata uang asing tidak hanya mempengaruhi ekonomi negara, tetapi juga rata-rata orang di jalan.  Ketika Anda membeli barang asing atau bepergian ke luar negeri, Anda terjebak dalam pasar keuangan yang besar ini.  Sebagian besar individu biasanya dipengaruhi oleh nilai tukar saat bepergian.  Biaya untuk barang dan jasa di Eropa tidak dapat dibayarkan dalam dolar AS.  Sebelum bepergian ke Eropa, Anda perlu mengonversi sebagian dolar AS menjadi euro atau mendapatkan euro ketika Anda tiba di Eropa.

Biaya Uang

Ekonomi modern bergantung pada mata uangnya sendiri.  Ini memungkinkan Anda untuk menentukan nilai komoditas di semua negara.  Nilai tukar mata uang asing dapat disebut biaya satu mata uang dibandingkan dengan mata uang lainnya.  Misalnya, jika Anda  membutuhkan dolar AS dan Anda memiliki pound Inggris, Anda dapat menukar 1 pound Inggris seharga $1,52.

Sejarah Nilai Tukar Mata Uang Asing AS

Semua mata uang dunia pernah ditentukan oleh cadangan emas.  Ini berarti bahwa uang kertas yang dikeluarkan oleh pemerintah harus sama dengan jumlah emas yang sama dengan yang dimiliki pemerintah sebagai cadangan.  Pada  1930-an, Amerika Serikat menetapkan nilai dolar pada 1 ons emas dari level $35.  Setelah Perang Dunia II, negara-negara lain mulai mendasarkan nilai mata uang mereka pada dolar AS.  Karena AS memiliki nilai yang ditetapkan dalam dolar, mudah bagi mata uang lain untuk menggunakan perhitungan yang sama.

Inflasi AS naik dan nilai mata uang turun. Ini meningkatkan  nilai mata uang lain dibandingkan dengan dolar, dan Amerika Serikat harus membuat keputusan tentang nilai mata uang tersebut.  Kemudian diputuskan bahwa nilai dolar akan berkurang dan nilai satu ons emas akan ditempatkan pada $70.  Amerika Serikat menghapus standar emas sama sekali pada tahun 1971.  Ini berarti bahwa nilai mata uang hanya ditentukan oleh kekuatan pasar.

Metode penggantian

Pemerintah dari berbagai negara menggunakan dua sistem utama untuk menentukan nilai tukar mereka.  Ini adalah nilai tukar mata uang variabel tetap.

Suku Bunga Variabel

  • Nilai tukar mengambang ditentukan oleh faktor pasar. Ini berarti bahwa mata uang nasional akan dinilai pada tingkat yang pembeli siap untuk membayarnya.  Dasar dari penilaian ini adalah penawaran dan permintaan dengan kekuatan pendorong seperti inflasi, investasi asing dan faktor ekonomi lainnya.  Ini bukan sistem yang sempurna karena negara-negara dengan ekonomi yang tidak stabil sering menderita di bawah hukum ekonomi penawaran dan permintaan.

Tingkat Pasak

  • Tarif pasak adalah sistem tetap di mana tarif tersebut ditetapkan dan dipelihara secara artifisial oleh pemerintah. Angka ini umumnya tidak berfluktuasi.
  • Bank nasional harus memegang mata uang asing dalam jumlah besar untuk menunggangi gelombang penawaran dan permintaan. Jika ada permintaan tiba-tiba untuk mata uang tertentu, bank sentral harus melepaskan mata uang yang cukup untuk memenuhi permintaan itu.

Ada banyak determinan di pasar valuta asing.  Siapa pun yang ingin berdagang di pasar ini harus menyadari faktor-faktor ini.