Berinvestasi di masa pensiun
Berinvestasi di masa pensiun

Berinvestasi di masa pensiun

BAB 12 PART 1 BAB 12 PART 2 BAB 12 PART 3 BAB 12 PART 4

Berinvestasi di masa pensiun

Masa pensiun mungkin masih jauh bagi Anda, atau mungkin sudah dekat. Bagaimanapun dekat atau jauhnya, Anda harus mulai menabung sekarang. Tetapi dengan meningkatnya biaya hidup dan ketidakstabilan jaminan sosial, menabung untuk masa pensiun tidak seperti dulu lagi. Alih-alih menabung, Anda perlu berinvestasi untuk masa pensiun.

Pertama, lihatlah rencana pensiun yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Dahulu kala, rencana-rencana ini sangat baik. Namun, setelah kerusuhan Enron dan semua yang terjadi setelahnya, orang-orang tidak lagi begitu aman dalam rencana pensiun perusahaan. Jika Anda memilih untuk tidak berinvestasi dalam program pensiun perusahaan, Anda memiliki opsi lain.

Pertama, Anda bisa berinvestasi dalam saham, obligasi, reksadana, sertifikat deposito dan rekening pasar uang. Anda tidak perlu menyatakan kepada siapa pun bahwa hasil investasi ini akan digunakan untuk masa pensiun. Cukup kembangkan uang Anda dari waktu ke waktu dan ketika investasi tertentu mencapai jatuh tempo, investasikan kembali dan terus kembangkan uang Anda.

Anda juga dapat membuka Rekening Pensiun Perorangan (IRA). IRA sangat populer karena tidak dikenakan pajak sampai dana ditarik. Anda mungkin juga dapat mengurangi kontribusi IRA dari pajak yang Anda bayar. IRA dapat dibuka di sebagian besar bank. ROTH IRA adalah jenis akun pensiun baru. Dengan Roth, Anda membayar pajak atas uang yang diinvestasikan di akun, tetapi tidak ada pajak federal yang harus dibayar ketika Anda mencairkannya. Roth IRA juga dapat dibuka di lembaga keuangan.

Jenis akun pensiun umum lainnya adalah 401(k). 401(k) biasanya ditawarkan melalui perusahaan Anda, tetapi Anda mungkin dapat membuka 401(k) Anda sendiri. Anda harus mendiskusikan hal ini dengan perencana keuangan atau akuntan Anda. Paket Keogh adalah jenis IRA lain yang cocok untuk wiraswasta. Pemilik usaha kecil wiraswasta mungkin juga tertarik dengan program pensiun karyawan yang disederhanakan (SEP). Ini adalah jenis lain dari paket Keogh yang umumnya lebih mudah dikelola daripada paket Keogh biasa.

Apa pun investasi pensiun yang Anda pilih, pastikan untuk memilih satu. Sekali lagi, jangan mengandalkan Jaminan Sosial, rencana pensiun perusahaan, atau bahkan warisan yang mungkin diwariskan atau tidak. Lindungi masa depan finansial Anda dengan berinvestasi sekarang.